LAWAR

Lawar Makanan paforit Orang Bali

Lawar merupakan makanan khas Bali yang dibuat dari campuran daging, nangka muda, pepaya muda dengan bumbu lengkap Bali. Lawar biasanya dihidangkan sebagai lauk pauk teman makan nasi dan disantap sehabis melaksanakan upacara adat dengan cara prasmanan.
Bahan :
Daging babi 300 g nangka muda, pepaya muda 150 g Kulit babi bersih 100 g Minyak kelapa/minyak goreng secukupnya Bumbu Isen 2 jari Kencur 1 jari Kunir 1 jari Jahe 0,5 jari Base wangen 1 sendok makan Daun limo rajang 1 sendok teh Bawang putih 15 siung Bawang merah 15 siung Merica hitam 1 sendok makan Cabai merah 50 g Kemiri 10 biji Daun janganulam secukupnya Terasi secukupnya Garam secukupnya Kulit daging kelapa bakar secukupnya Daun salam secukupnya Daun jambu biji secukupnya Cara Pembuatan
Merica hitam diulek halus. Bawang putih dan kencur diulek halus dan digoreng bersama garam, terasi dan irisan cabai, sampai baunya harum (bumbu A). Bawang merah, bawang putih dan kemiri diiris-iris dan digoreng sampai harum, selanjutnaya disebut mba. Bumbu-bumbu lainnya diulek menjadi satu dan digoreng (bumbu B). Bumbu lengkap dibuat dengan mencampur merica hitam, bumbu A, bumbu B, mba dan limo rajang. Bumbu lengkap ini diaduk merata dan siap digunakan untuk pencampur. daging dibersihkan dari urat dan lemak dan dicincang halus serta ditambahkan darah segar dan daun salam. Pencincangan dilanjutkan sampai dagingnya halus. Daging yang telah dicincang halus kemudian direndam di dalam air daun jambu biji panas selama lebih kurang lima menit, selanjutnya disaring, diperas dan ditiriskan. batok klungah direbus selama 10 menit, kemudian didinginkan. Klungah yang telah dingin kemudian diiris memanjang, kemudian diperas, airnya dibuang. Kulit babi dibersihkan dan selanjutnya kulit yang telah bersih direbus sampai matang, kemudian didinginkan, terus diiris-iris memanjang. selanjutnya dilakukan pencampuran bumbu dengan cara berikut. Klungah ditambah bumbu lengkap dan diaduk merata. Klungah, daging cincang dan kulit babi yang sudah dibumbui dicampur dan diaduk merata. Setelah tercampur merata, pada bagian atas ditaburi dengan bawang goreng, selanjutnya lawar klungah siap dihidangkan.

sumber: website BaliAga .

UNTUK CARA PEMBUATAN VERSI BAHASA INGGRIS KILIK DISINI

4 Responses

  1. tulisannya bagus, tapi sayang diambil dari sumber lain, gpp sih tapi akan lebih bagus lagi kalau tulisan aslinya diedit (ditulis ulang dengan bahasa sendiri), pasti lebih keren..

  2. jd ingat kampung halaman…lg di bandung nih kuliah…

    lebaran ini ikuan mudik ama rekan2 yg muslim…tapi gw sendiri yg tujuan ke gianyar….

    oya, add dunk blog gw ini di blog kamu yah😀 thx.

  3. sllluuurrrppp…. wah ngomongin lawar jadi lapar…

  4. promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!http://www.infogue.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: